Get a free hosting or choose from the Best Web Hosting service
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
*** Selamat Datang Di Website SMP Negeri 5 Batusangkar ***           *** Sekolah Dengan Program Layanan Keunggulan ***
Kepala Sekolah

Kepala Sekolah Periode 2015 s/d Sekarang

Drs. HADMADI SUCIPTA, M.Pd

Kepala Sekolah Periode 2007s/d 2015

Drs. ASRUL

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday88
mod_vvisit_counterYesterday171
mod_vvisit_counterThis week3607
mod_vvisit_counterLast week3354
mod_vvisit_counterThis month14460
mod_vvisit_counterLast month33134
mod_vvisit_counterAll days1703676

We have: 6 guests online
Your IP: 54.80.158.127
 , 
Today: Jul 22, 2017
KEJUARAAN SEPAK BOLA PELAJAR 2013


Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module
Kegiatan di Labschool Kebayoran Jakarta


Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module
Story Telling "Batu Tangkuluk


Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module

Program Kerja Tata Usaha

Kegiatan Sasaran

Ketenagaan

 

Keuangan

 

Bendaharawan Pembantu Pengeluaran

 

Bendaharawan BOS

 

Administrasi

a. Kepegawaian

b. Siswa

c. Inventaris

 

Keamanan Ketertiban Kebersihan Keindahan Kenyamanan

 

Pustaka

 

 

Laporan

Komite

 

 

 

 

Konsumsi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengadministrasian dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku dan di buat berdasarkan waktu yang telah ditetapkan

Seluruh belanja dan pembiayaan terencana sesuai dengan program yang telah di susun

Program kerja yang telah disusun dalam DPA dapat terealisasi sepenuhnya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

Membantu menyusun RKA setiap tahun sesuai target waktu

Seluruh belanja dan pembiayaan terencana sesuai dengan program yang telah disusun(sesuai petunjuk buku panduan BOS)

 

Seluruh tenaga baik guru/pegawai Administrasi dapat menerima hak-haknyasesuai dengan jabatannya

Seluruh siswa mempunyai dokumen yang lengkap dan rapi

seluruh asset, dan barang inventaris dapat di kelola dengan baik dan benar

 

Seluruh guru,pegawai dan siswa yang berada di sekolah melaksanakan tugasnya masing-masing merasa nyaman, tentram dan merasa berada dirumah sendiri

Seluruh asset yang ada benar-benar tertata dan terjaga keamanannya, sehingga visi dan misi yang di buat benar terealisasi

Menghilangkan semboyan pustaka sebagai gudang buku, untuk menjadikan pustaka sebagai pusat ilmu pengetahuan benar-benar terwujud

 

Setelah kegiatan selesai setiap personil melaporkan kegiatan sesuai dengan schedule yang telah di tetapkan dengan benar

Program Layanan Keunggulan yang di laksanakan oleh sekolah bukan hanya mimpi belaka, benar-benar terwujud melalui prestasi baik akademis maupun non akademis, mulai dari tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional maupun Internasional. semua program yang telah disusun yang tidak tetampung dari dana pemerintah dengan secara musyawarah akan di bantu oleh Komite Sekolah

Setiap guru dan pegawai wajib hadir setiap hari (kecuali yang mendapat dinas luar) dari pemerintah. untuk kenyamanan dalam melaksanakan tugas sangat di perlukan adanya Konsumsi berupa makan dan minim kopi/ teh, sehingga tidak ada alasan bagi guru / pegawai untuk pergi keluar mencari makanan(berlaku hari Senin s/d Kamis)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Last Updated (Saturday, 16 July 2011 09:38)

 
Info Terbaru
UMMUL HAKIMI LOLOS OSN IPA KE TINGKAT NASIONAL

ummu_hakimiRabu,24/05/17, SMP 5 Batusangkar mendapatkan berita gembira, dari 3 cabang OSN yang di ikuti di Padang tanggal 13 Mei 2017 kemaren salah satu nya lolos ke Tingkat Nasional yaitu cabang IPA atas nama Ummul Hakimi siswa kelas 8.3  anak kandung dari guru Pendidikan Agama Islam di SMP 5 Batusangkar yaitu putri dari Zulhermi, S.Ag. Ummul hakimi juga merupakan pemenang lomba Pentas PAIS tahun 2016 lalu, juara 1 lomba Tahfizh tingkat Propinsi dan Juara II lomba IPA tingkat Propinsi di SMA 3 Batusangkar.

Dan kali ini Ummul Hakimi berhasil lolos seleksi untuk OSN IPA ke tingkat Nasional yang akan di selenggarakan di Pekan Baru pada bulan Agustus mendatang, setelah mengikuti pelatihan di Padang selama satu minggu. Berkat usaha dan kerja keras serta bimbingan dari guru mata pelajaran Dra. Desnimar dan Erismen Umar, S.Pd dan dukungan penuh dari Kepala Sekolah, Komite dan orang tua semoga Ummul Hakimi mampu bersaing di tingkat Nasional dan memperoleh hasil yang sangat memuaskan dan membawa harum nama SMP Negeri 5 Batusangkar.

MEWARISKAN SIM UNTUK ANAK

YUSRIJAL DT. MAKHUDUN  

(GURU SMPN 5 BATUSANGKAR)

Ketika menanam bawang, banyak tantangan yang dihadapi seorang petani. Musim kemarau  menyebab persediaan air berkurang sehingga  tanah menjadi kering kerontang. Kabut yang menyelimuti ladang  pada pagi hari merupakan sesuatu yang mencemaskan. Akibatnya, daun menjadi busuk dan layu. Buah yang bernas semakin  jauh dari yang diharapkan.

Menyikapi hal itu, sang petani berusaha untuk mengatasinya dengan berbagai upaya secara maksimal. Setiap kali kabut muncul di pagi hari, sang petani langsung terjun ke ladang untuk menyemprot tanamannya. Bila air mulai berkurang, petani berusaha mencukupi airnya. Tak kalah pentingnya  adalah pemupukan dan pemeliharaan dari  gangguan hewan di sekilarnya. Hal itu dimotivasi oleh adanya secercah harapan di masa datang. Bawang yang subur berbuah bernas, besar dan ranum, itulah harapannya.

Seperti fenomena di atas, orang tua juga memiliki tantangan yang tidak  ringan dalam mendidik anak-anaknya. Fenomena perilaku masyarakat telah terkontaminasi, tayangan televisi yang tidak mendidik merupakan kerikil-kerikil tajam dalam mendidik anaknya. Hal itu ditambah lagi dengan kemampuan orang dalam memahami perkembangan dan keinginan anak yang masih rendah. Akan tetapi, tantangan tersebut harus dihadapi sehingga perjalanan mendidik anak berjalan dengan mulus.

Seberat apapun tantangan, usaha mendidik anak harus dijalankan karena sudah merupakan tanggung jawab utama orang tua. Karena itu, para orang tua hendaklah memahami tanggung jawabnya secara komprehensif. Tanggung jawab orang tua tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan, pakaian, dan perumahan, serta kesehatan anaknya. Lebih dari itu, orang tua  juga bertanggung jawab dalam mendidik anak-anaknya yang meliputi spritualitas, intelektualitas, dan moralitas anak.

Mewariskan nilai-nilai sprituallitas merupakan hal yang utama yang harus dilakukan orang tua. Speritualitas adalah kenyakinan dalam hubungannya dengan sang pencipta (Achir Yani, 2000). Kebutuhan spritualitas bertujuan untuk mempertahankan atau mengembalikan keyakinan dan memenuhi kewajiban agama, serta kebutuhan untuk mendapatkan maaf dan pengampunan, mencintai, menjalin hubungan penih rasa percaya dengan Tuhan (Carson, 1989).

Penanaman keyakinan beragama kepada anak harus ditanamkan sejak dini, bahkan sejak dalam kandungan. Penanaman itu berakibat positif terhadap perkembangan jiwa anak. Anak akan memiliki rasa agama dan kepedulian terhadap agamanya. Penanaman nilai aqidah dan pelatihan ibadah merupakan hal yang urgen bagi anak.  Anak akan memiliki kekuatan dan keteguhan rohani yang dahsyat dalam menyikapi problematika kehidupan.

Kelak anak akan menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupannya, apalagi dalam era kompetitif. Karena itu, anak perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Berbekal pengetahuan yang dimilikinya, anak akan mampu menghadapi berbagai persoalan. Dengan keterampilan khusus,  anak akan mampu hidup dan mempertahankan kehidupannya. Berbekal keterampilan anak akan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti pangan, pakaian, perumahan, dan sebagainya. Karena itu, anak-anak kita hendaklah dibekali dengan nilai intelektualitas  berbarengan profesionalitas (life skill) yang dapat dibanggakan.

Seperti kita, anak-anak juga tidak bisa hidup sendiri. Anak-anak  membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupannya. Anak-anak senantiasa dilatih bersosialisasi dengan lingkungannya sehingga mampu merasakan bahwa mereka merupakan bagian dari lingkungannya.  Sebagai orang tua kita berkewajiban mewariskan sifat-sifat rasulullah, seperti sidiq, amanah, tabligh, dan fathonah.

Nilai moralitas yang dimilikinya mampu menjadi pengendali bagi anak baik dalam berpikir, berbicara, maupun dalam bertingkah laku.  Moralitas yang dimiliki anak memungkinkan anak mampu menyesuiaikan diri  dengan masyarakat di lingkungannya. Moralitas yang terpuji membuat anak disukai dan dijadikan panutan oleh lingkungannya. Anak akan diterima  dengan tangan terbuka oleh lingkungan dimana dia berada.

Begitu pentingnya ketiga aspek di atas, sudah seharusnya orang tua mewariskan nilai-nilai  tersebut kepada anak-anaknya.  Dengan spritualitas yang memadai, anak akan tetap berada pada koridor kebenaran dan mampu menjalankan syariat agama dengan baik. Dengan intelektulitas dan profesionallitasnya, anak-anak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya baik fisik maupun nonfisik. Berbekal moralitas, anak-anak akan selalu berbuat yang terpuji dan mulia, serta berakhlkul karimah.

Penanaman dan pewarisan nilai SIM (Spritualitas, Intelektualitas,  Moralitas)  tersebut membutuhkan kesadaran yang tinggi dan komitmen yang kuat dari orang tua. Tidak kalah pentingnya, orang juga hendaklah  memberikan motivasi dan keteladanan kepada anaknya sehingga pewarisan nilai-nilai tersebut tidak hanya sebatas angan. Teruslah menjadi teladan dan motivator bagi anak-anak kita! Semoga!

JUARA UMUM

12/03/17 SMP Negeri 2 Kota Solok juga mengadakan even yang sama yaitu lomba Mata pelajaran bidang studi Matematika , IPA, IPS dan Bahasa Inggris tingkat SMP/ MTs Se- Sumatera Barat.

Tanpa melewatkan even ini , SMP 5 Batusangkar mengirim siswa nya sebanyak 51 orang untuk ke empat bidang studi, dari 51 siswa tersebut berhasil lolos ke babak final sebanyak 25 orang, untuk bidang studi IPS 6 orang finalis, dua diantara nya menempati posisi ke-V dan VI yaitu Ridwan Efendi dan Putri Makhroja. Bidang studi IPA juga 6 orang finalis, meraih Juara I Stia Prihati ningsih dan Harapan II Sari Rahma Dewiana. Bidang studi Matematika 8 orang finalis, Juara I Farah Emilya Yantes, Juara II Syarifullah M. Putra, Juara III Gita Oestensia Sandeni Putri dan harapan 2 Hilal Hamdi. Sedangkan untuk bidang studi Bahasa Inggris 5 orang finalis, Juara II Nazifah Farzana, Juara III Aulia dan harapan III Calvin Ananta Okegar.

Dengan keberhasil mereka meraih juara pada setiap bidang studi sehingga Trophy Berrgilir tahun ini berhasil mereka boyong pulang menuju sekolah tercinta SMP 5 Batusangkar dengan peringkat JUARA UMUM. Lagi-lagi ini merupakan hasil usaha dan kerja keras serta bimbingan dari guru dan dorongan dari kepala sekolah dan tidak lupa pula dukungan penuh dari orang tua siswa sehingga mereka berhasil dalam setiap even yang mereka ikuti.

PENINGKATAN NUTRISI GURU

PENINGKATAN NUTRISI GURU

YUSRIJAL DT. MAKHUDUN

(GURU SMPN 5 BATUSANGKAR)

       Makanan sangat penting bagi pertumbuhan  seseorang.  Pertumbuhan seseorang akan optimal bila asupan makanannya bergizi dan seimbang. Seseorang akan tumbuh dengan fisik yang sempurna, dan menarik. Efek lain adalah seseorang akan menjadi kuat, segar, dan bugar sehingga mampu melakukan berbagai aktivitas.

      Makanan juga berpengaruh secara signifikan pada perkembangan seseorang. Perkembangan yang dimaksud meliputi perkembangan mental, intelektual, sosial, dan spiritual. Seseorang akan mampu berpikir dengan baik bila makanan yang diasupnya bernilai gizi yang tinggi. Otak kita juga membutuhkan energi yang tidak kalah pentingnya dengan kebutuhan energi bagi fisik. Karena itu, kebutuhan nutrisi atau makanan sangat urgen bagi perkembangan dan pertummbuan seseorang. Dengan gizi yang seimbang, seseorang akan mampu berkembangan secara maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

      Guru juga membutuhkan nutrisi dalam menjalankan aktvitasnya. Nutrisi untuk kebutuhan fisik sudah merupakan suatu keharusan. Tidak mungkin guru akan mampu melaksanakan aktvitas fisik, bila tidak didukung oleh makanan yang sehat dan bergizi. Para guru yang mengajar tujuh sampai sepuluh jam sehari jelas membutuhkan energi yang banyak.

        Guru tidak hanya membutuhkan nutrisi  yang bersifat fisik semata. Guru juga membutuhkan nutrisi yang bersifat nonfisik. Nutrisi yang nonfisik tersebut meliputi motivasi, kemauan, pengetahuan, keterampilan, komitmen dan  integritas. Nutrisi tersebut membuat  guru mampu menjaga performanya di depan peserta didiknya. Nutrisi tersebut membuat guru memiliki hati yang kuat untuk melaksanakan tugasnya. Lebih dari itu, guru akan memiliki semangat untuk berubah dalam rangka meningkatkan profesionalismenya di masa datang.

         Peningkatan motivasi dalam bertugas merupakan hal yang sangat penting bagi kelancaran dan kesuksesan tugas guru. Motivasi merupakan daya gerak bagi untuk melaksanakan tugas sesuai dengan apa yang telah diprogramkan. Motivasi guru dalam bertugas jangan hanya sebatas finansial belaka, seperti gaji, dan tunjangan. Sudah saatnya guru menambah motivasinya di luar finansial, seperti  bertugas dijadikan sebagai panggilan jiwa, pengabdian, dedikasi, dan ibadah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

         Dalam diri guru perlu adanya kemauan  untuk berbuat. Guru akan menemukan banyak alternatif dan jalan untuk mengatasi berbagai persoalan dalam melaksanakan tugasnya.  Tanpa kemauan yang kuat, semuanya akan mati. Karena itu, kemauan perlu ditumbuhkan. Tidak hanya berbuat sekadarnya, tetapi hendaklah ditumbuhkan untuk berbuat lebih melampaui rutinitas. Bertugas tidak hanya dipandang sebagai rutinitas belaka, tetapi memiliki nilai plus. Melakukan pelayanan terbaik sesuai dengan standar pelayanan minimal,  sudah mesti dilakukan.

        Pengetahuan bersifat dinamis sesuai perkembangan kehidupan manusia. Pengetahuan selalu berkembang mengikuti irama kemajuan masyarakat. Sebagai kaum intelektual, guru tidak boleh ketinggalan dalam hal penguasaan pengetahuan. Guru harus mampu memutakhirkan pengetahuannya. Dengan pengetahuan terbaru, guru mampu membimbing peserta didik untuk menjangkau  masa depannya. Selain itu,  guru  akan mampu mengikuti fenomena dan  perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat.

        Peningkatan kompetensi guru sangat penting menuju guru professional. Hal itu  tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kompetensi yang diharapkan bukan  bersifat parsial, tetapi bersifat komprehensif. Guru yang profesioanal selalu mengasah kompetensinya hingga tajam. Penjamanan kompetensi tersebut sangat berpengaruh terhadap kekuatan guru dalam meningkatkan kinerjanya.  Berpikir lebih maju dan memiliki mind set yang progresif membuat guru mampu melakukan pelayanan yang terbaik.

        Masih banyak guru yang terbelenggu dalam rutinitas. Akibatnya, pelaksanaan pembelajaran masih bersifat apa adanya, bahkan kadang-kadang tanpa persiapan yang memadai.  Padahal pelaksanaaan tugas hendaklah bernilai plus. Nilai tambah tersebut, seperti menyenangkan, bermakna dan bermanfaat. Bertugas tidak hanya sebagai  kewajiban tetapi juga bernilai ibadah, didasari panggilan jiwa, dan bukan sekadar gugur kewajiban.

         Komitmen guru untuk berubah sangat penting. Guru jangan hanya jalan di tempat, apalagi mundur, tetapi terus maju. Guru sebagai agen perubahan haruslah memulai perubahan tersebut dari dirinya sendiri. Mustahil seorang guru melakukan perubahan bila dia sendiri tidak mau berubah.

         Kapasitas yang dimiliki guru perlu dibingkai dengan integritas yang kuat. Integritas adalah konsitensi dan keteguhaan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai luhur dan keyakinan. Kompetensi guru bernilai  bila menjunjung tinggi integritas. Memudarnya integritas, guru hanya seperti buih di lautan, tidak memiliki daya. Tanpa integritas, pamor guru meredup, lalu menghilang.

JUARA UMUM LOMBA BATIK BIRRU KE-7 TINGKAT SMP/MTs SE-SUMATERA

batik_birru_17--batik_birru_17-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyerah Trophy bergilir Juara Umum Lomba Batik Birru dan foto bersama para pemenang

12/02/17 SMP 5 Batusangkar kembali meraih Juara Umum  lomba Batik Birru ke-7  yang di selenggarakan oleh SMA N 1 Padang Panjang, merupakan agenda tahunan yang tidak pernah di lewatkan oleh SMP 5 Batusangkar. Dan kali ini berhasil memboyong trophy bergilir setelah beberapa tahun terakhir ini trophy tersebut terlepas dari tangan SMP 5 Batusangkar semenjak tahun 2014 lalu.

Dengan usaha dan kerja keras siswa/siswi SMP 5 Batusangkar serta bimbingan dari masing –masing guru Mata Pelajaran sehingga prestasi mereka dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Dari berbagai  lomba bidang studi yang diadakan tiga diantaranya di juarai oleh siswa SMP 5 Batusangkar yaitu : Juara I Biologi atas nama Sari Rahma Dewiana, Juara I Fisika atas nama A. Habib Aulia Rahman, Juara III Matematika Syarifullah M. Putra, Peringkat IV IPS atas nama Sarah Elghiayana, Peringkat IV Matematika Atas nama Abilya Amanda dan Peringkat V Matematika atas nama Farah Emilya Yantes.

Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
Pendidikan Online

bse

BSE Depdiknas

edu

Edukasi Online

artipend

Artikel Pendidikan

Web Admin

EMAIL

Email SMP

ADMIN

Admin Website

Waktu Anda
Informasi Link

nisn

nuptk

lunas

sertifikasi-guru